Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) merupakan Masjid milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang aktif menggunakan Youtube sebagai sarana dakwah di era serba digital. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai praktik manajemen komunikasi digital yang dilaksanakan oleh tim IT PUSDAI Jabar sebagai sarana dakwah pada kanal Youtube PUSDAI Jabar Channel. Metode yang digunakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian menyimpulkan bahwa PUSDAI Jabar memiliki empat Wakil Ketua DKM dengan penambahan Bidang IT (pengelolaan media digital masjid) sejak tahun 2015, hal ini yang membedakan dengan kepengurusan DKM lainnya. Adapun praktik manajemen komunikasi digital yang dilaksanakan oleh tim IT PUSDAI pada kanal youtube PUSDAI Jabar Channel, dilaksanakan melalui tiga tahapan pengelolaan yaitu tahap perencanaan, aktivitas dan evaluasi. Sehingga, menunjukan keberhasilan dan eksistensi Masjid PUSDAI Jabar yang konsisten mempublikasikan konten video dakwah dengan menghadirkan Mubaligh dari beragam daerah.
Copyrights © 2025