Jurnal UNITEK
Vol. 18 No. 1 (2025): Januari - Juni 2025

Evaluasi Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan melalui Pendekatan Service Quality dan Importance Performance Analysis

Faisal, Rudi (Unknown)
Suarlin, John (Unknown)
Fajar Mahmud, Soni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Pelayanan yang berkualitas merupakan faktor utama dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada sektor ritel modern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas layanan di JY Mart menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan penyebaran kuesioner kepada 87 responden yang dipilih secara accidental sampling. Lima dimensi SERVQUAL yang diukur meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan negatif antara harapan dan persepsi pelanggan pada seluruh dimensi layanan, yang mengindikasikan bahwa layanan JY Mart belum sepenuhnya memenuhi ekspektasi pelanggan. Dimensi responsiveness dan reliability memiliki nilai gap tertinggi, menandakan aspek tersebut perlu mendapat perhatian khusus. Melalui pemetaan IPA, ditemukan bahwa beberapa atribut masuk dalam kuadran I (prioritas utama), seperti kecepatan pelayanan di kasir dan responsivitas karyawan dalam menangani keluhan. JY Mart perlu meningkatkan aspek kecepatan pelayanan, ketepatan informasi harga, serta komunikasi karyawan kepada pelanggan. Rekomendasi strategis disusun berdasarkan hasil analisis kuantitatif, sebagai bahan evaluasi manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

unitek

Publisher

Subject

Chemistry Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JURNAL UNITEK Adalah Jurnal blind peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun (Juni dan Desember) Jurnal UNITEK bertujuan untuk menyediakan forum diskusi dan pertukaran Informasi antara peneliti dan akademisi di bidang Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Teknik Elekto, Teknik ...