Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Penerapan Media Diorama Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Materi Siklus Hidup Makhluk Hidup Di Kelas III SDN 05 Perawang

Nurmalia, Ulva (Unknown)
Fitriyeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS melalui penggunaan media diorama dalam pembelajaran materi siklus hidup makhluk hidup pada kelas III di SDN 05 Perawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan media diorama. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 65,6% pada pra-siklus menjadi 84% pada siklus II, dan ketuntasan klasikal meningkat dari 28% menjadi 88%. Siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, dan mampu memahami tahapan siklus hidup makhluk hidup, seperti metamorfosis katak dan kupu-kupu, secara lebih konkret. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penggunaan media diorama efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan media visual tiga dimensi sebagai strategi inovatif dalam pembelajaran IPAS di tingkat sekolah dasar

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...