Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Pengaruh Penggunaan Kartu Akrostik terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Juhana, Berlin Zahra (Unknown)
Arofatul, Linaria (Unknown)
Mudayan, Arfian (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kartu akrostik terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Muhammadiyah 1 Lamongan. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Non Equivalent Control Group. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu VA sebagai kelas eksperimen yang menggunakan kartu akrostik dan VB sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan kartu akrostik. Instrumen yang digunakan berupa soal uraian menulis puisi melalui tes pretest dan posttest. Instrumen penelitian ini dilakukan validasi ahli, serta dicari reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (87.5) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (60.18519). Berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kartu akrostik berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di SD Muhammadiyah 1 Lamongan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...