Revolusi Industri (RI) 4.0 turut andil dalam hal perkembangan dunia pendidikan saat ini. Model pembelajaran inovatif yang mampu mencapai kompetensi RI 4.0 adalah pembelajaran berbasis produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang berlokasi pada SMK Negeri 6 Malang. Hasil penelitian menyebutkan: (1) terdapat 2 perencanaan pembelajaran berbasis produk yakni perencanaan yang dilakukan secara internal dan perencanaan yang dilakukan secara eksternal yang dilakukan oleh guru, kepala bengkel, peserta didik dan instruktur industri; (2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi beberapa kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik yang meliputi: pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup dan kegiatan refleksi pembelajaran; dan (3) Evaluasi pembelajaran berbasis produk pada mata pelajaran gambar teknik manufaktur dilakukan dengan 2 tahap, tahap pertama dilakukan oleh seorang guru dan tahap kedua dilakukan bersama-sama dengan instruktur industri
Copyrights © 2023