LEBAH
Vol. 18 No. 4 (2025): July: Pengabdian

Implementasi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image Bakpia Wong Jogja

Novitasari, Sela (Unknown)
Permadi, Bambang (Unknown)
Riyanto, Indar (Unknown)
Tusadiah, Halifah (Unknown)
Baedillah, Baedillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Di era digital, pelaku UMKM dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk dalam memasarkan produk secara daring melalui berbagai platform digital. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan, meliputi sosialisasi pentingnya digital marketing, pelatihan pembuatan konten kreatif di media sosial, optimalisasi penggunaan marketplace, serta pendampingan strategi branding digital yang berkelanjutan. Permasalahan yang ada, adalah sulitnya menjual produk bakpia wong tanpa adanya digital marketing, Konsumen lebih mengenal merek seperti Bakpia Pathok 25 atau Bakpia Kukus Tugu Jogja dibandingkan Bakpia Wong. Pengukuran kualitas konten bakpia wong menunjukkan bahwa konten berbasis pengalaman (testimoni)3,5% dan konten interaktif (giveaway) memiliki engagement rate 4,2% tertinggi, menunjukkan bahwa kualitas konten tidak hanya ditentukan oleh estetika visual, tetapi juga oleh kemampuan membangun keterlibatan emosional dan partisipatif dari audiens. Selain itu, hasil kuesioner menunjukkan peningkatan pengetahuan mitra secara signifikan yaitu dari 45% menjadi 88%, khususnya dalam aspek strategi konten, branding digital, dan analisis performa media

Copyrights © 2025