Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pelatih dan gaya komunikasi terhadap kinerja siswa, dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening di The Bees Basketball Academy. Kompetensi pelatih dan gaya komunikasi yang efektif dianggap sebagai faktor utama dalam membentuk motivasi belajar siswa, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 120 siswa aktif di The Bees Basketball Academy. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Variabel yang diteliti meliputi kompetensi pelatih, gaya komunikasi, motivasi belajar, dan kinerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pelatih berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Gaya komunikasi juga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar. Selanjutnya, motivasi belajar terbukti memediasi pengaruh kompetensi pelatih dan gaya komunikasi terhadap kinerja siswa. Artinya, semakin tinggi kompetensi pelatih dan semakin efektif gaya komunikasi yang digunakan, maka semakin tinggi motivasi belajar siswa, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pelatih untuk terus meningkatkan kompetensi teknis dan interpersonal serta mengadopsi gaya komunikasi yang efektif dan inspiratif. Akademi perlu secara aktif mengembangkan program pelatihan pelatih dan strategi komunikasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan optimal siswa.
Copyrights © 2025