Penelitian ini bertujuan mengkaji strategi optimalisasi sumber dana dan pengelolaan keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs PUI Tenajar Lor, Indramayu. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madrasah memanfaatkan dana BOS, infaq tahunan, syahriyah, serta mengembangkan sumber alternatif seperti koperasi dan peternakan kambing. Pengelolaan dilakukan melalui perencanaan RAPBS, pelaksanaan, pencatatan digital, monitoring, dan pelaporan transparan. Sistem keuangan digital dan keterlibatan seluruh elemen memperkuat akuntabilitas dan partisipasi. Dampaknya terlihat pada peningkatan sarana prasarana, kesejahteraan guru, dan pembelajaran digital. Tantangan seperti keterlambatan pembayaran diatasi dengan dana cadangan, kerja sama eksternal, dan strategi penagihan persuasif. Penelitian ini menegaskan pentingnya tata kelola keuangan yang transparan, akuntabel, dan kolaboratif guna mendukung keberlanjutan pendidikan bermutu, terutama di madrasah swasta dengan keterbatasan dana.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025