Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di UPT SMP Negeri 13 Medan. Bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran, terutama dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah pribadi, sosial, dan akademik yang dapat menghambat kemajuan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui wawancara terhadap enam siswa kelas VIII-5 untuk mengetahui pengalaman dan persepsi mereka terhadap layanan bimbingan dan konseling yang diterima. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan konseling memiliki efek positif pada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar, kesadaran diri, dan kemampuan memecahkan masalah untuk menghadapi tantangan hidup. Siswa melaporkan merasa lebih terbantu dan termotivasi untuk belajar setelah sesi konseling. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala, antara lain kurangnya tindakan nyata dari guru bimbingan dan konseling serta perlunya perhatian lebih terhadap kebutuhan individu siswa. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan agar institusi pendidikan dapat mengembangkan program bimbingan yang lebih komprehensif dan responsif terhadap kebutuhan siswa, sehingga efektivitas layanan bimbingan konseling dapat ditingkatkan dan berkontribusi lebih optimal terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pengembangan kebijakan bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah.
Copyrights © 2025