Ulil Albab
Vol. 4 No. 9: Agustus 2025

Peran Gaya Hidup Berbelanja, Influencer Marketing, Ulasan Online dalam Keputusan Pembelian dan Loyalitas Gen Z di Marketplace Tiktok Shop

Apriana, Anjas (Unknown)
Suhud, Usep (Unknown)
Berutu, Meta Bara (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, menguji, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi tingkat keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan Generasi Z di DKI Jakarta dalam menggunakan e-commerce TikTok Shop. Latar belakang penelitian ini adalah pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia, khususnya di kalangan Generasi Z yang mendominasi sebagai pengguna aktif media sosial dan e-commerce di era digital saat ini. TikTok Shop merupakan salah satu platform e-commerce berbasis media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Structural Equation Modeling (SEM). Sampel penelitian terdiri dari 250 responden yang merupakan pengguna aktif TikTok Shop di wilayah DKI Jakarta dan termasuk dalam kategori Generasi Z. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebarkan melalui Google Form, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 29 dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel gaya hidup berbelanja, pemasaran influencer, dan ulasan pelanggan online memiliki pengaruh positif dan langsung terhadap keputusan pembelian dan loyalitas pelanggan. Namun, variabel keputusan pembelian tidak memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Pendidikan, Hukum, Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, ...