Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 6 No. 3 (2025)

Inovasi media pembelajaran digital berbasis book creator untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar

Faridha, Noor (Unknown)
Adisiswanto, Alissa Ernawati (Unknown)
Rahman, Miftahur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Salah satu tantangan utama dihadapi oleh guru sekolah dasar adalah rendahnya literasi digital dan keterbatasan inovasi media pembelajaran, terutama bagi guru-guru yang tinggal di daerah tertinggal.Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kapasitas pedagogis guru melalui pelatihan terstruktur yang berbasis teknologi edukatif. Kegiatan dilaksanakan bersama 15 guru sekolah dasar berbasis keagamaan di wilayah rural, yang mengikuti tiga tahapan: analisis kebutuhan, pelatihan intensif, dan pendampingan reflektif. Metode evaluasi menggunakan pendekatan campuran (kuantitatif dan kualitatif), dengan instrumen Digital Literacy Questionnaire (DLQ) dan Penilaian Media Interaktif (PMI), serta diskusi kelompok terarah. Hasil kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan skor DLQ dari 53,4 menjadi 84,6 dan PMI dari 48,2 menjadi 79,7, yang mencerminkan perbaikan pada kompetensi digital dan inovasi media ajar guru. Secara kualitatif, ditemukan adanya peningkatan motivasi, kemandirian dalam menciptakan konten pembelajaran, serta perubahan sikap positif terhadap teknologi. Book Creator sebagai platform digital terbukti memfasilitasi guru dalam merancang media pembelajaran interaktif yang menarik dan sesuai konteks. Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan berbasis teknologi sederhana namun kontekstual dapat menjadi solusi efektif dalam menjembatani kesenjangan digital pendidikan dasar. Program ini memiliki potensi untuk direplikasi di sekolah-sekolah serupa, khususnya di wilayah tertinggal, dan berkontribusi pada penguatan ekosistem digital pendidikan secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...