COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 4 (2025)

Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak kelas V di MI Riyadlotussubban Bonang Demak

Fuad Khoirul Umam (Unknown)
Rakanita Dyah Ayu Kinesti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas V di MI Riyadlotussubban Bonang Demak. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas V di MI Riyadlotussubban Bonang Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian untuk menemukan realitas apa yang terjadi mengenai masalah tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas Vpada MI Riyadlotussubban Bonang Demak terdiri dari beberapa bagian yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada tahapan pendahuluan guru memulai pembelajan dengan mengucapkan salam dan mengajak peserta didik berdoa bersama dilanjutkan membaca asmaul husna. Pada tahap kegiatan inti dimulai dengan guru menanyakan apa makna gambar tersebut, kemudian guru menjelaskan kalimat hauqolah. Pada tahapan penutup guru dan siswa menyimpulkan materi bersama-sama. Faktor pendukung pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas V pada MI Riyadlotussubban Bonang Demak antara lain faktor pendidik atau guru yang sebagian besar merupakan lulusan sekolah tinggi agama Islam di sekitar Demak, faktor sarana dan prasarana serta faktor peserta didik. Sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya alokasi waktu serta kurang beragamnya metode belajar yang digunakan oleh guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...