COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol. 8 No. 4 (2025)

Pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL dengan bantuan media pembelajaran zep quis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar kelas tinggi

Rusmana, Apit (Unknown)
Maulidya, Raisya Ayu (Unknown)
Awalludin, Muhammad Raihan (Unknown)
Mulyanty, Dety (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang didukung media interaktif Zep Quis terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa sekolah dasar kelas tinggi. PjBL mendorong keterlibatan aktif siswa melewati proyek yang relevan dengan keseharian, sementara Zep Quis memfasilitasi interaksi dan kolaborasi dalam proses pembelajaran. Metode penelitian memakai metode pendekatan kualitatif kajian literatur dengan menganalisis jurnal-jurnal yang terindeks di Google Scholar yang bertujuan untuk mendapatkan data, informasi mengenai topik yang dikaji. Hasil informasi yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan yang begitu signifikan pada kedua aspek tersebut, menandakan efektivitas kombinasi PjBL dan Zep Quis dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan menarik. Faktor keberhasilan meliputi motivasi siswa, dukungan guru, dan ketersediaan sumber belajar. Hal ini bisa berpartisipasi penting teruntuk mengembangkan metode pembelajaran khususnya di sekolah dasar dan merekomendasikan integrasi teknologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, penerapan model PjBL berbantuan media Zep Quis dapat menjadi alternatif efektif teruntuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis serta kreatif siswa juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...