Penelitian dengan judul “Proses Pembelajaran Ektakurikuler Seni Tari di SMA Negeri 1 Karangan” mendeskripsikan tentang bagaimana proses kegiatan saat pebelajaran ekstrakurikuler seni tari di SMA Negei 1 Karangan berlangsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan femonemologi dimana penelitian akan mendeskripsikan pengalaman dari seseorang dan dari sudut pandang peneliti sendiri. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan penelitian yaitu berupa pra lapangan, lapangan dan pengolahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran eksrakurkuler terdiri dari dua jenis yaitu pembelajaran saat Latihan rutin yang dilaksanakan setiap dua minggu sekali dan pembelajaran saat akan ada pementasan atau perlombaan yang di laksanaakan melalui tahap seleksi dan pelatihan yang biasanya satu atau dua bulan sebelum pementasan. Pada pembelajaran rutin Pembina menggunakan metode pembelajaran tidak langsung dan untuk pembelajran untuk pementasan atau perlombaan pelatih menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran drill.
Copyrights © 2025