TAKSONOMI
Vol. 5 No. 2 (2025): TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar

Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Dhandangan untuk Pembentukan Karakter

Wibowo, Deki (Unknown)
Rahmawati, Septina (Unknown)
Abshor, Devy Aufia (Unknown)
Rohim, Dhina Cahya (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Manusia dan kebudayaan dapat dikategorikan satu sistem kesatuan yang tidak terpisahkan, sementara itu pendukung dari sebuah kebudayaan adalah manusia itu sendiri. Sekalipun manusia pada hakikatnya akan mati, tetapi kebudayaan yang dimilikinya akan diwariskan pada keturunan, demikian seterusnya. Tujuan penelitian pengembangan bahan ajar IPS yang berbasis kearifan lokal Dhandangan untuk pembentukan karekter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis literatur dengan urutan pengumpulan data dengan mendokumentasikan, memeriksa dari berbagai perpustakaan, dan dianalisis sebagai sumber penelitian. Selanjutnya peneliti melakukan observasi pada obyek penelitian yaitu di masyarakat sekitar masjid manara kudus untuk mendukung dari hasil pendekatan analisis literatur ada tidak kesamaan dan perbedaan dalam hasil penelitian. Penelitian dan pengembangan (Research and development/R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk (Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Nilai Kearifan Lokal Dhandangan Untuk Pembentukan Karakter), dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian ini menunjukan pembentukan karakter di awali dengan memetakan tujuan pembelajaran IPS di SDN 01 PIJI Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus kelaas III dalam pemetaan tujuan pembelajaran IPS diantaranya; bahan ajar IPS berbasis kearifan lokal, buku IPS untuk kelas III SD, standar kompetensi/kompetensidasar, materi/sub unit materi yang dikembangkan, kearifan lokal dhandangan, dan bahan ajar berbasis nilai kearifan lokal dhandangan untuk pembentukan karakter.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

taksonomi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Taksonomi: Penelitian Pendidikan Dasar terbit dua kali dalam setahun yakni Bulan Mei dan September, yang bertujuan untuk menerbitkan artikel hasil penelitian mata pelajaran wajib sekolah dasar dan hasil penelitian yang menfokuskan pada rana pendidikan siswa sekolah dasar serta hasil ...