Peningkatan literasi matematis peserta didik menjadi fokus penting dalam pembelajaran masa kini, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang kontekstual dan bermakna seperti Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran RME terhadap kemampuan literasi matematis siswa pada materi Statistika. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis quasi experiment desain posttest only. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sampel pada penelitian ini diambil berdasarkan teknik sampel jenuh dimana seluruh populasi dalam kelas menjadi sampel dalam penelitian, dengan kelas eksprimen sebanyak 18 siswa dan kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan literasi matematis yang disusun berdasarkan indikator Programme for International Student Assessment (PISA) yang telah valid dan realiabel. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji prasyarat pada uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0.098 untuk kelas eksperimen dan 0.133 untuk kelas kontrol yang berarti data berdistribusi normal dikarenakan keduanya melebihi nilai signifikansi yaitu 0.05. Sedangkan hasil uji homogenitas Levene’s Test menunjukkan nilai sebesar 0.538 yang lebih dari 0.05 yang berarti varians antar kelompok bersifat homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan independent samples t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya perbedaan yang signifikan antara pencapaian literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model RME dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2025