Penanaman nilai religius sejak sekolah dasar merupakan langkah strategis dalam membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia dan berlandaskan ajaran agama. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana implementasi nilai-nilai religius diterapkan di MIS Al-Fitra Woja. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai religius di MIS Al-Fitra Woja dilakukan melalui integrasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam, pembiasaan kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur’an, serta melalui keteladanan guru dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, lingkungan sekolah yang mendukung dan budaya sekolah yang religius turut memperkuat internalisasi nilai-nilai tersebut. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti motivasi dan cara belajar siswa yang berbeda-beda dan kurangnya keterlibatan orang tua, upaya yang dilakukan pihak sekolah menunjukkan dampak positif terhadap perilaku religius siswa, seperti disiplin ibadah, sopan santun, dan rasa tanggung jawab. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendidikan nilai religius sejak dini sebagai pondasi pembentukan karakter yang kuat dan berakhlak mulia.
Copyrights © 2025