EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 5 No. 2 (2025)

PENGARUH SIMULASI MICROTEACHING TERHADAP KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS PATOMPO

Karim, Syahruni (Unknown)
Taskirah, Taskirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

This study is an experimental study that aims to determine the extent to which microteaching simulations influence students' skills in managing learning classes as readiness to become prospective teachers facing students. The population in this study were male and female students of Patompo University, semester VII majoring in biology education. The sample of this study was 21 people. The data analysis techniques used were descriptive analysis and inferential analysis. The results of the study showed that microteaching simulations were useful for male and female students who carried out field experience practice (PPL), especially in classroom management skills, which was 76.20% or 16 students, while microteaching simulations were included in the category with good or useful results, which was 61.90% or 13 students. The results of the hypothesis testing of this study showed that there was a relationship between the microteaching variable and the classroom management skills variable, which was 0.000 or 0.000 greater than 0.05, which indicated that Ha was accepted while Ho was rejected. It can be concluded that the influence of microteaching simulations on classroom management skills has a positive or significant impact. ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh simulasi microteaching terhadap keterampilan mahasiswa dalam mengelola kelas belajar sebagai kesiapan menjadi calon guru menghadapi peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa dan mahasiswi Universitas Patompo semester VII jurusan pendidikan biologi. Sampel penelitian ini sebanyak 21 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simulasi micro teaching berguna bagi mahasiswa dan mahasiswi yang melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL), khususnya dalam keterampilan pengelolaan kelas yaitu sebesar 76,20 % atau terdapat 16 mahasiswa, sedangkan pada simulasi microteaching termasuk dalam kategori dengan hasil yang baik atau bermanfaat yaitu sebesar 61,90 % atau terdapat 13 mahasiswa. Pada hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa memiliki keterkaitan antara variabel microteaching terhadap variabel keterampilan pengelolaan kelas yaitu sebesar 0,000 atau 0,000 lebih besar dari 0,05 yang menunjukkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh simulasi micro teaching terhadap keterampilan dalam mengleola kelas memiliki dampak yang positif atau signifikan.   

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...