Perkembangan anak usia dini, khususnya pada usia 4–5 tahun, merupakan periode krusial dalam pembentukan dasar regulasi emosi. Regulasi emosi adalah salah satu keterampilan terpenting yang harus dimiliki seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pengaruh kecanduan gadget terhadap kemampuan regulasi emosi pada anak usia 4–5 tahun, dan bertujuan agar orang tua untuk memberikan batasan waktu penggunaan gadget. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan anak usia 4–5 tahun yang mengalami kecanduan gadget dan orang tua mereka sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecanduan gadget berdampak pada regulasi emosi anak, seperti perilaku tantrum dan sulit bersosialisasi. Implikasi penelitian ini menegaskan pentingnya peran orang tua dalam membatasi penggunaan gadget dan meningkatkan interaksi sosial anak untuk mendukung perkembangan emosi yang sehat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025