Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 8 No. 2 (2025): May-Agustus 2025

Respon Orang Tua terhadap Implementasi Proyek P5 pada PAUD di TKIT Nurul Ilmi

Daulat, Daulat (Unknown)
Sit, Masganti (Unknown)
Sitorus, Ahmad Syukri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis respon orang tua terhadap pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di TK Islam Terpadu Nurul Ilmi. Menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, data diperoleh melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap orang tua peserta didik. Hasil analisis mengungkapkan tingkat pengetahuan orang tua terkait P5 yang beragam, dipengaruhi oleh nilai keagamaan dan budaya lokal, serta keterlibatan mereka dalam kegiatan P5 yang masih terbatas akibat kurangnya sosialisasi dan kolaborasi antara sekolah dan orang tua. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian merekomendasikan penerapan strategi komunikasi yang lebih partisipatif untuk meningkatkan dukungan orang tua dalam implementasi P5. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan kemitraan sekolah dan keluarga menjadi faktor krusial dalam keberhasilan pendidikan karakter berbasis Pancasila pada pendidikan usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...