Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 5, Nomor 2 Juli 2025

Pengaruh Metode Pembelajaran Studi Kasus terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Pelajaran Pengendalian Sosial Siswa Kelas X SMAS Kristen Rantepao

Sari, Diella Nirmala (Unknown)
Awaru, A. Octamaya Tenri (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Metode pembelajaran studi kasus pada materi pengendalian sosial kelas X SMAS Kristen Rantepao, 2) Kemampuan berpikir kritis pada materi pelajaran pengendalian sosial kelas X SMAS Kristen Rantepao, dan 3) Pengaruh metode pembelajaran studi kasus terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pelajaran pengendalian sosial siswa kelas X SMAS Kristen Rantepao. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme Vygosky. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasy Eksperiment. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah sekitar 245 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan mengambil kelas X1 dan kelas X7 yang berisi masing-masing 25 siswa. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan Pretest-Posttest, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan dokumentasi. Kevalidan data diputuskan dengan melakukan uji korelasi dan uji reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji n-gain dan uji inferensial dengan pengelolaan data melalui IBM SPSS versi 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran penerapan metode pembelajaran studi kasus pada materi pengendalian sosial kelas X SMAS Kristen Rantepao berada pada kriteria “terlaksana dengan baik” yang dibuktikan dengan perolehan persentase yaitu 95,23. 2) Gambaran kemampuan berpikir kritis pada materi pelajaran pengendalian sosial  kelas X SMAS Kristen Rantepao pada kelas eksperimen terlihat dari indikator interpretasi yang memperoleh 84% (sangat tinggi), analisis 74% (tinggi), evaluasi 66% (sedang), dan inferensi 60% (rendah). 3) Terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran studi kasus terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pelajaran pengendalian sosial siswa kelas X SMAS Kristen Rantepao. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05  dengan  3,216 > 2,011  yang berarti variabel X memiliko pengaruh terhadap variabel Y. Kemudian besaran pengaruh antar variabel dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square pada tabel model summary sebesar 0,391 artinya variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 39,1%. Kata Kunci : Metode, Pembelajaran, Studi Kasus, Berpikir Kritis

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...