Jurnal Andragogi Pedagogi dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 3, No 2 (2025): JURNAL JAPPA

EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI PKBM PUSPA TERANG NUSANTARA DENGAN MODEL CIPP

Gabriela, Gabriela (Unknown)
Sukmana, Cucu (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pendidikan inklusi di PKBM Puspa Terang Nusantara menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Evaluasi ini dilakukan untuk menilai keberhasilan dan efektivitas program pendidikan inklusi serta mengidentifikasi kendala dan peluang perbaikan yang ada. Metode yang digunakan meliputi analisis konteks dan kebutuhan program, sumber daya yang digunakan, proses pelaksanaan, dan hasil yang dicapai. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di PKBM Puspa Terang Nusantara, namun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan sumber daya dan pelatihan bagi guru. Berdasarkan hasil evaluasi, disarankan untuk meningkatkan kualitas pelatihan guru dan penyediaan sumber daya yang memadai untuk mendukung keberlanjutan program pendidikan inklusi.Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Disabilitas, Evaluasi Program, model CIPP                      AbstractThis study aims to evaluate the inclusive education program at PKBM Puspa Terang Nusantara using the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation model. The evaluation is conducted to assess the success and effectiveness of the inclusive education program and identify existing challenges and improvement opportunities. The method includes analyzing the program context and needs, resources used, implementation process, and outcomes achieved. Data were collected through observations, interviews, and documentation. The results indicate that the program has successfully increased educational access for children with special needs at PKBM Puspa Terang Nusantara, though there are challenges such as limited resources and teacher training. Based on the evaluation findings, it is recommended to enhance the quality of teacher training and provide adequate resources to support the sustainability of the inclusive education program.Keywords: Inclusive Education, Disability, Program Evaluation, CIPP model

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jappa

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal ini terkait dengan: 1. Pendidikan keaksaraan 2. Pendidikan kesetaraan 3. Pendidikan informal 4. Pendidikan life skill 5. Pemberdayaan masyarakat 6. Kesejahteraan ...