Penulisan artikel ilmiah sebagai upaya pengembangan kualitas pendidikan dan syarat untuk meningkatkan keprofesian guru telah diatur dalam regulasi pendidikan di Indonesia. Merujuk dari regulasi tersebut, maka guru wajib untuk menyusun artikel ilmiah dan mempublikasikannya kedalam jurnal bereputasi. Fenomena yang terjadi adalah guru cenderung merasa kesulitan untuk menyusun artikel ilmiah karena belum memiliki wawasan mengenai strategi penulisan artikel yang baik dan sesuai kaidah ilmiah. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dibutuhkan suatu kegiatan pelatihan untuk memfasilitasi guru dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan menulis artikel ilmiah. Tujuan pengabdian ini supaya para guru memiliki keterampilan dalam menulis artikel ilmiah yang baik dan benar serta dapat mempublikasikan karya mereka kedalam jurnal bereputasi. Metode yang digunakan adalah ceramah dan pendampingan penyusunan artikel ilmiah secara online. Peserta dibimbing mengenai pembuatan artikel mulai judul sampai dengan kesimpulan dan diperkenalkan tata cara penyerahan naskah menggunakan sistem di website jurnal. Hasil kegiatan adalah peserta dapat memahami prosedur penyusunan dan dapat mempublikasi artikel di jurnal bereputasi di bidang pendidikan.
Copyrights © 2024