Journal on Education and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli-Agustus

PENGGUNAAN ALAT PERAGA PANEL TENAGA SURYA DAN MULTIMEDIA UNTUK MPENGGUNAAN ALAT PERAGA PANEL TENAGA SURYA DAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMBELAJARAN ENERGI TERBARUKAN MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 CILEUNGSI KELAS X

Rizqi Amelliyah (Unknown)
Nurlela (Unknown)
Deby Rahma Khairani (Unknown)
Dian Rahmawati (Unknown)
Wiwin Dwi Haryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat di SMAN 1 Cileungsi menunjukkan bahwa penggunaan kit panel surya sederhana dan simulasi Phet Colorado memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan praktis, dan kesadaran lingkungan siswa. Sebanyak 80% siswa mengalami peningkatan skor pemahaman berdasarkan hasil post-test. Secara teknis, kegiatan ini berhasil mengajarkan konsep dasar perubahan energi dan penerapan rangkaian sederhana dalam pembelajaran fisika, serta mendorong keterlibatan aktif siswa melalui praktik langsung. Penggunaan media pembelajaran ini membantu siswa memahami materi yang bersifat abstrak, sehingga mereka mampu mengimplementasikannya secara mandiri. Selain manfaat akademis, kegiatan ini juga memberikan dampak sosial positif, meningkatkan kebanggaan dan antusiasme siswa, serta membuat pembelajaran fisika menjadi lebih menyenangkan dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

madrasah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Madrasah: Journal on Education and Teacher Professionalism adalah jurnal akademik yang berkomitmen untuk menjadi platform utama bagi peneliti, pendidik, praktisi pendidikan, dan profesional di bidang pendidikan dan profesionalisme guru dalam berbagi wawasan, temuan, dan gagasan yang memperkaya ...