journal of social and economic research
Vol 7 No 1 (2025): JSER, June 2025

MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI PENDEKATAN CRM DI UMKM: STUDI PADA PT. ADABAN MAKMUR SUKSES

Golan Hasan (Unknown)
Josline (Unknown)
Jenny Kartika Dewi (Unknown)
Rebecca Friska (Unknown)
Kelvin (Unknown)
Rio Fernando (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik manajemen hubungan pelanggan (CRM) di PT Adaban Makmur Sukses, distributor resmi ban Goodyear di Kota Batam. Perusahaan mencatat nomor telepon setiap pelanggan yang melakukan transaksi, yang kemudian digunakan untuk komunikasi pemasaran dan layanan purna jual. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas strategi tersebut dan mengaitkannya dengan teori CRM yang relevan. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi awal yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip dasar CRM, namun masih terdapat kekurangan dalam segmentasi dan personalisasi pesan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is published by Ikatan Dosen Menulis in collaboration with GoAcademica CRP. Publishing twice times a year, ie Issue 1 Issue 2 in June and December and already have a registration number p-ISSN: 2715-6117 and e-ISSN: 2715-6966 since ...