Penelitian ini adalah kajian dalam konteks ilmu psikologi yang bertujuan untuk mengetahui peran creative art sebagai sarana meningkatkan self improvement pada guru TK Negeri Belegen Mulia Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. Self improvement sangat penting bagi guru dalam menghadapi dinamika dunia pendidikan yang terus berkembang, khususnya dalam meningkatkan kompetensi personal dan profesional. Self improvement adalah usaha individu dalam mengembangkan kemampuan diri, potensi, karakter baik secara fisik, emosional dan psikologis. Hasil penelitian terdahulu mengatakan bahwa welas asih terhadap diri sendiri dapat menumbuhkan keinginan dan motivasi untuk meningkatkan kapasitas dan pengembangan diri. Selanjutnya, creative art memiliki pengaruh yang cukup baik bagi perkembangan emosional orang dewasa. Selain itu, melalui creative art individu dapat mengembangkan kemampuan problem solving menjadi lebih baik secara kognitif, fisik dan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dimana peneliti melakukan observasi langsung ke lapangan yang diberikan intevensi media kreatif untuk meningkatkan self improvement. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh Guru TK Negeri Belegen Mulia Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam termasuk kepala sekolah dan operator. Hasil penelitiannya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran creative art mampu meningkatkan self improvement. Hal ini terintegrasi dalam meningkatnya kesadaran diri, rasa percaya diri serta motivasi Guru TK Negeri Belegen Mulia Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam dalam menjalankan tugasnya. Selain itu, creative art juga menciptakan suasana kerja yang lebih positif di lingkungan sekolah. Dengan demikian, creative art terbukti menjadi sarana yang efektif bagi individu sebagai media untuk meningkatkan kompetensi pribadi maupun kompetensi sosial.
Copyrights © 2025