Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik dan kelayakan dari media pembelajaran smart box pada materi mitigasi bencana di kelas 5 SDN Padarama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADIEE. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 1 orang ahli pedagogik, 1 orang guru, dan 25 orang siswa kelas V SDN Padarama. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas dari media pembelajaran yang telah dikembangkan. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan angket validasi serta respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran smart box pada materi mitigasi bencana memperoleh rata-rata nilai dari Uji ahli materi pembelajaran memperoleh persentase 94,44 %, uji ahli media pembelajaran memperoleh persentase 96,42 %, uji ahli pedagogik memperoleh presentase 88,46 %, dan uji terhadap siswa memperoleh rata-rata 95,25%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran Smart Box dinyatakan sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran mitigasi bencana.
Copyrights © 2025