Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Press

IMPLEMENTASI MODEL NUMBERED UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Putri, Erika Mutiara (Unknown)
Mulyadiprana, Ahmad (Unknown)
Merliana, Anggit (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan sikap demokratis siswa kelas V di SDN Sukarame pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas 30 siswa dan seorang guru kelas. Indikator sikap demokratis yang diamati meliputi toleransi, partisipasi aktif, penghargaan terhadap pendapat, kerja sama, dan pengambilan keputusan bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model NHT mampu meningkatkan sikap demokratis siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih aktif berdiskusi, saling menghargai, bekerja sama dalam kelompok, dan mampu membuat keputusan secara bersama. Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, partisipatif, dan melibatkan semua siswa secara merata.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...