Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 Build

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Paccinongang Unggulan

Sadrah, Muhammad Zulfikar (Unknown)
Hakim, Abdul (Unknown)
Mawarni, Sella (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis gamifikasi dengan memanfaatkan fitur presentasi Canva pada materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Paccinongang Unggulan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, dengan melibatkan validasi oleh ahli materi, ahli media, serta uji coba produk kepada siswa. Instrumen penelitian berupa angket, observasi, dan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur kelayakan media, tingkat motivasi, dan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media gamifikasi berbasis presentasi Canva pada materi IPAS. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak menurut penilaian ahli materi, ahli media, dan guru. Uji coba produk menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media berbasis gamifikasi dan presentasi Canva, yang dibuktikan melalui hasil pretest dan posttest serta analisis statistik Paired Samples T-Test. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis gamifikasi yang memanfaatkan fitur presentasi Canva pada materi IPAS ini efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD, serta dapat dijadikan alternatif inovatif dalam proses pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif, menyenangkan, dan bermakna di lingkungan sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...