Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Proccess

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN JATINGALEH 01 KOTA SEMARANG

Dewi, Nadya Puspita (Unknown)
Farid Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pelaksanaan proses pembelajaran, yang berdampak dengan rendahnya hasil belajar dari peserta didik. Pengembangan media dengan pembelajaran berbasis lectora menjadi salah satu solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dan menguji pengembangan suatu produk berdasarkan kelayakan, kepraktisan, serta efektifitas. Metode penelitian yang digunakan yakni Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas IV A SDN Jatingaleh 01 dengan populasi 27 peserta didik, 3 peserta didik sebagai uji coba skala kecil, dan 24 peserta didik sebagai uji skala besar. Hasil uji kelayakan berupa penilaian dari validator ahli media dan materi yakni diperoleh presentase 92,2% dan 94% yang berkriteria sangat layak. Uji kepraktisan diambil dari hasil angket respon guru dan peserta didik dengan perolehan sebesar 93% dan 96% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji efektivitas media berupa nilai pre-test dan post-test yang dilakukan dengan dua tahap skala kecil dan besar, dengan perolehan nilai 0,81 dan 0,74 yang masuk kedalam kriteria tinggi. Secara keseluruhan, temuan tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang menggunakan Lectora Inspire layak, dapat diterapkan, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas empat di SDN Jatingaleh 01 Kota Semarang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...