Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025 In Proccess

PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP HARAPAN BHAKTI MAKASSAR

Muh.Kemal Makassau (Unknown)
mustamin (Unknown)
Salim Hasan (Unknown)
Syarifa Raehana (Unknown)
Abdul Wahab (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Harapan Bhakti Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Prosedur dalam Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 31 siswa dari kelas IX SMP Harapan Bhakti Makassar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penerapan Wordwall sangat layak digunakan dalam pembelajaran karena Wordwall memiliki fitur yang sangat beragam dan menarik, memungkinkan siswa untuk belajar secara aktif dan tidak merasa bosan di dalam kelas. Hasil penerapan media pembelajaran Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IX di SMP Harapan Bhakti Makassar menunjukkan adanya peningkatan, yaitu pada pra siklus, sebanyak 13 siswa (40,6%) mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 72,8. Pada siklus I, 22 siswa (68,75%) mencapai ketuntasan dengan skor rata-rata 80,93. Pada siklus II, 29 siswa (90,625%) mencapai ketuntasan dengan skor rata-rata 90,31. Kesimpulannya, terdapat peningkatan hasil belajar dan minat siswa setelah penerapan media Wordwall.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...