Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 03 September 2025

PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMAN 2 MAROS

Hayyu, Ade Unil (Unknown)
Bunyamin, Andi (Unknown)
Syahrul, Muhammad (Unknown)
Syahid, Akhmad (Unknown)
Mustamin, Mustamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 2 Maros. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 125 siswa kelas XI sebagai populasi dan sampel. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan gaya belajar siswa berada pada kategori sedang (90% dan 87%). Hasil belajar juga berada pada kategori sedang (92%). Analisis lebih lanjut menunjukkan pengaruh signifikan antara motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Uji T menunjukkan pengaruh signifikan (p<0.05) baik motivasi intrinsik (M1) dan ekstrinsik (M2), maupun gaya belajar visual (X1), auditori (X2), dan kinestetik (X3) terhadap hasil belajar (Y). Uji F juga mengkonfirmasi pengaruh signifikan secara simultan dari kedua variabel independen terhadap variabel dependen. Oleh karena itu, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Kesimpulannya, motivasi dan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 2 Maros.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...