Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 2 Maros. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 125 siswa kelas XI sebagai populasi dan sampel. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji T, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan gaya belajar siswa berada pada kategori sedang (90% dan 87%). Hasil belajar juga berada pada kategori sedang (92%). Analisis lebih lanjut menunjukkan pengaruh signifikan antara motivasi dan gaya belajar terhadap hasil belajar. Uji T menunjukkan pengaruh signifikan (p<0.05) baik motivasi intrinsik (M1) dan ekstrinsik (M2), maupun gaya belajar visual (X1), auditori (X2), dan kinestetik (X3) terhadap hasil belajar (Y). Uji F juga mengkonfirmasi pengaruh signifikan secara simultan dari kedua variabel independen terhadap variabel dependen. Oleh karena itu, hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Kesimpulannya, motivasi dan gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 2 Maros.
Copyrights © 2025