Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 03 (2025): Volume 10 No. 3 September 2025 In Order

ANALISIS CAMPUR KODE DALAM DIALOG ANTAR TOKOH PADA SINETRON PREMAN PENSIUN DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS DRAMA DI SMP KELAS VII

nurlutvia (Unknown)
Slamet Triyadi (Unknown)
Wienike Dinar Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena campur kode dalam video pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai bagian dari dinamika komunikasi dalam proses belajar mengajar. Campur kode kerap digunakan oleh pendidik sebagai strategi untuk menjembatani pemahaman siswa, terutama dalam konteks penyampaian materi yang mengandung istilah asing atau teknis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan sumber data berupa video pembelajaran Bahasa Indonesia yang tersedia di platform digital. Analisis difokuskan pada bentuk, jenis, dan fungsi campur kode yang muncul selama proses penyampaian materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campur kode tidak hanya membantu memperjelas informasi, tetapi juga meningkatkan daya tarik pembelajaran dan menciptakan interaksi yang lebih cair antara guru dan siswa. Dengan demikian, penggunaan campur kode dalam media pembelajaran dapat menjadi sarana efektif untuk mendukung proses pemahaman bahasa yang lebih kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...