Penelitian ini berfokus pada pengembangan dan evaluasi teknologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Computer-Based Test (CBT) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sumberurip. Latar belakang penelitian dilandasi oleh urgensi peningkatan efisiensi dan objektivitas evaluasi PAI yang konvensional sering terkendala oleh proses manual yang memakan waktu dan rentan subjektivitas. Tujuan utama adalah merancang, mengembangkan, dan menguji efektivitas serta respons pengguna terhadap sistem CBT PAI yang inovatif. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian melibatkan siswa kelas V dan VI, guru PAI, serta kepala sekolah MI Maarif NU Nurul Islam Sumberurip. Data dikumpulkan melalui kombinasi metode kuantitatif (angket, pre-test, post-test) dan kualitatif (wawancara, observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem CBT PAI yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan, validitas, dan reliabilitas, serta secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa PAI. Selain itu, sistem ini mendapatkan respons yang sangat positif dari siswa maupun guru, menyoroti peningkatan efisiensi, kemudahan penggunaan, dan pengalaman evaluasi yang lebih menarik. Implementasi CBT PAI diharapkan menjadi solusi progresif dalam modernisasi evaluasi pendidikan agama di tingkat dasar.
Copyrights © 2025