Tujuan Penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui cara penerapan pembelajaran dengan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa Kelas III SD Negeri 8 Kubutambahan. Kedua untuk mengetahui peningkatan prestasi atau kemampuan siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di Kelas III SD Negeri 8 Kubutambahan sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu rata-rata nilai klasikal kelas sebesar 73 dengan ketuntasan belajar minimal 90%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media gambar. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah metode observasi, serta latihan tes siswa kelas III. Berdasarkan dari hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa data awal yang didapat menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa sebanyak 25% atau 5 orang siswa belum memenuhi KKTP (kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran) dan setelah dilakukan tindakan pada siklus I menurun menjadi 50% atau 10 orang siswa yang belum memenuhi KKTP (kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran) kemudian di siklus II semua siswa telah memenuhi KKTP (kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran). Kemudian rata-rata nilai siswa sebelum diberikan tindakan sebesar 65,25 setelah diberikan tindakan siklus I menjadi 70,1 dan siklus II 82,75. Hasil penelitian tersebut menjadi bukti kebenaran hipotesis yang disampaikan peneliti bahwa penerapan media gambar dalam pembelajaran jika di laksanakan secara maksimal maka dapat memberi jawaban atas permasalahan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran yang menyangkut rendahnya hasil belajar siswa.
Copyrights © 2025