Phinisi Integration Review
Volume 8 Nomor 2 Tahun 2025

EKONOMI KREATIF DAN PERAN BAHASA ASING DALAM PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI

Mariah S, Enung (Unknown)
Damasinta, Alfiana (Unknown)
Wisudawaty, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara pengembangan ekonomi kreatif dan peran bahasa asing dalam pendidikan di perguruan tinggi. Di tengah globalisasi yang semakin pesat, sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu pilar penting dalam pembangunan ekonomi modern, yang melibatkan industri-industri berbasis kreativitas dan inovasi, seperti seni, desain, teknologi informasi, dan media. Di sisi lain, penguasaan bahasa asing menjadi kompetensi kunci yang memungkinkan mahasiswa untuk berinteraksi di pasar global dan memperluas peluang kerja internasional. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana pendidikan bahasa asing di perguruan tinggi dapat berkontribusi pada pengembangan keterampilan yang diperlukan dalam sektor ekonomi kreatif. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui survei terhadap mahasiswa dan dosen di beberapa perguruan tinggi yang menawarkan program studi terkait ekonomi kreatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bahasa asing tidak hanya memperluas wawasan mahasiswa, tetapi juga memperkuat daya saing mereka di pasar global, terutama dalam industri kreatif yang semakin bergantung pada kolaborasi internasional. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti tantangan yang dihadapi perguruan tinggi dalam mengintegrasikan pendidikan bahasa asing dengan program-program ekonomi kreatif. Berdasarkan temuan tersebut, penelitian ini menyarankan agar perguruan tinggi mengembangkan kurikulum yang lebih terintegrasi antara kedua elemen tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan karir mahasiswa di tingkat global.This research aims to explore the relationship between the development of the creative economy and the role of foreign languages in higher education. Amidst rapid globalization, the creative economy sector has become one of the important pillars in modern economic development, involving industries based on creativity and innovation, such as arts, design, information technology, and media. On the other hand, proficiency in foreign languages has become a key competency that enables students to interact in the global market and expand international job opportunities. Therefore, it is important to understand how foreign language education in higher education can contribute to developing the skills needed in the creative economy sector. This research adopts a quantitative approach by collecting data through surveys of students and lecturers at several universities that offer study programs related to the creative economy. The research results indicate that foreign language skills not only broaden students' perspectives but also strengthen their competitiveness in the global market, especially in the creative industry that increasingly relies on international collaboration. Furthermore, this study also highlights the challenges faced by higher education institutions in integrating foreign language education with creative economy programs. Based on these findings, this study suggests that higher education institutions develop a more integrated curriculum between these two elements to enhance the quality of education and students' career readiness at a global level.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...