Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kolaborasi antara orang tua dan guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Kolaborasi yang efektif antara dua pihak penting ini diyakini dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif, baik di sekolah maupun di rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner yang dibagikan kepada guru dan orang tua siswa di jenjang pendidikan dasar dan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orang tua cukup aktif 79.4 Sedang, Responsif terhadap Informasi dari gurunya Baik dan keterbukaan antara guru dan orang tua, kerjasama berada pada 79,0 sedang. Ini berarti adanya komunikasi yang terbuka, keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah, serta sinergi antara guru dan orang tua dalam mendukung proses pembelajaran, Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kolaborasi orang tua dan guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SDN 49 Kota Bima. Kolaborasi yang intensif dan efektif dapat meningkatkan motivasi, kedisiplinan, dan hasil belajar siswa secara menyeluruh. berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Dengan demikian, kolaborasi yang terstruktur dan berkesinambungan antara orang tua dan guru menjadi faktor penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025