Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya integrasi konteks budaya dalam pembelajaran matematika yang bermakna dan pemahaman konseptual oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan kajian yang mengeksplorasi dan mengidentifikasi konsep-konsep matematika, khususnya pada konsep bilangan dan geometri dalam permainan tradisional. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Beberapa tahapan dalam penelitian ini adalah merancang pertanyaan penelitian, menyeleksi literatur yang relevan, menetapkan indikator kriteria, memilihi referensi yang sesuai, menyusun data, menganalisis data, dan merumuskan simpulan. Berdasarkan hasil kajian, secara keseluruhan permainan tradisional mengandung nilai-nilai etnomatematika. Konsep serta unsur matematika dapat diidentifikasi melalui berbagai objek dan alat permainan yang digunakan maupun dari pola dan aturan dalam permainan itu sendiri. Adapun temuan dalam penelitian ini adalah bahwa permainan tradisional dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang interaktif, bermakna, dan menyenangkan, serta dapat menarik kemampuan konseptual matematika siswa dengan pengalaman kontekstual siswa.
Copyrights © 2025