Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap geometri ruang, khususnya dalam memvisualisasikan bangun tiga dimensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education (RME) yang didukung oleh aplikasi Cabri 3D terhadap pemahaman konsep siswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan desain kuasi-eksperimen tipe kelompok kontrol non-ekivalen. Subjek penelitian adalah dua kelas VIII, masing-masing terdiri dari 28 siswa, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest kelompok eksperimen meningkat dari 60,36 menjadi 83,57, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 59,21 menjadi 73,18. Skor gain pada kelompok eksperimen sebesar 0,59 (kategori sedang), lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang sebesar 0,42 (kategori sedang). Peningkatan pada lima indikator pemahaman konsep juga lebih signifikan terjadi pada kelompok eksperimen. Uji t sampel independen menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok dengan nilai p sebesar 0,004 < 0,05. Oleh karena itu, model RME yang didukung oleh Cabri 3D terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi geometri ruang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025