Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Number Card

Kriswina, Dian (Unknown)
Muntomimah, Siti (Unknown)
Akbar, Mochamad Ramli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Anak usia dini berada pada masa perkembangan yang sangat krusial, terutama dalam kemampuan kognitif seperti daya ingat. Perkembangan teknologi digital yang pesat telah memengaruhi kebiasaan belajar anak, sehingga beberapa anak mengalami penurunan konsentrasi dan daya ingat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya ingat anak usia 4–5 tahun melalui media number card di KB Mentari. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan kegiatan pembelajaran menggunakan number card sebagai media visual konkret dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan number card secara efektif merangsang daya ingat anak melalui pengulangan, asosiasi visual, dan aktivitas bermain yang bermakna. Media ini fleksibel dan dapat digunakan dalam pembelajaran individual maupun kelompok, sehingga mendukung berbagai gaya belajar anak. Dengan penerapan yang konsisten, number card tidak hanya meningkatkan daya ingat tetapi juga membantu anak mengenal angka, menyusun urutan bilangan, dan mengembangkan kemampuan kognitif secara menyenangkan. Penelitian ini menegaskan pentingnya media pembelajaran yang interaktif dan kreatif untuk mendukung perkembangan kognitif anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...