Jurnal Basicedu
Vol. 9 No. 4 (2025): August

Peran Guru Dalam Membangun Karakter Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Priskila, Nicky (Unknown)
Aunurrahman, Aunurrahman (Unknown)
Ramadhani, Ariyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran guru dalam membangun karakter disiplin pada anak usia 5–6 tahun di PAUD PKK Sungai Bangkong Pontianak karena usia ini merupakan masa penting dalam perkembangan kepribadian anak. Dalam penelitian ini, pendekatan deskriptif kualitatif digunakan, dan teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seorang guru kelas dan kepala sekolah terlibat dalam penelitian, dan data dianalisis melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Selain itu, triangulasi teknik, waktu, dan sumber digunakan untuk memverifikasi validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menjalankan peran sebagai pembimbing, motivator, dan panutan secara optimal. Sebagai pembimbing, guru membimbing anak untuk membentuk rutinitas yang mencerminkan sikap disiplin. Sebagai motivator, guru memberikan dorongan positif kepada anak melalui pujian dan semangat. Sebagai panutan, guru menjadi teladan dalam menerapkan disiplin melalui perilaku dan sikap konsisten.Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru sangat berkontribusi dalam pembentukan karakter disiplin anak usia dini dan dapat dijadikan acuan dalam penguatan pendidikan karakter di lembaga PAUD

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...