Psychocentrum Review
Vol 7, No 2 (2025): Psychocentrum Review

Pengaruh Dukungan Sosial dan Self-Efficacy Terhadap Kreativitas Pada Guru Paud Di Kota Medan

Afriyanti, Afriyanti (Unknown)
Fadilah, Risydah (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan self-efficacy  terhadap terhadap kreativitas guru PAUD di Kota Medan.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dan koefisien determinasi melalui SPSS. Populasi penelitian berjumlah 1.377 guru TK di Kota Medan, dengan sampel sebanyak 310 orang yang ditentukan menggunakan rumus Yamane Dari data  analisis regresi liner berganada menunjukkan nilai Y = 4,933 + 0, 034 +  0, 019 + e dapat dijelaskan bahwa Nilai koefisien  variabel Dukungan Sosial menunjukkan sebesar 0, 034 (< 0,05) maka disimpulkan terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap Kreativitas artinya Hipotesis  (H1) diterima. Nilai koefisien  variabel self Efficacy menunjukkan sebesar 0, 019 (< 0,05) maka disimpulkan terdapat pengaruh dukungan sosial terhadap Kreativitas artinya Hipotesis  (H2) diterima. Serta Nilai konstanta sebesar 4,933 menunjukkan bahwa variabel Dukungan sosial dan Self Efficacy adanya pengaruh terhadap kreativitas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pcr

Publisher

Subject

Humanities Health Professions

Description

Psychocentrum Review focused to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding research and developments in the fields of Psychology, Counseling, and Psychotheraphy in a cross settings. The scope of this journal encompasses to study of psychotherapy, counseling, ...