Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan RME (Realistic Mathematics Education) berbantuan Assembler Edu dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tajur 2 sebanyak 19 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes berpikir kritis matematis yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) perlakuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji paired sample t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai signifikansi < 0,001. Rata-rata peningkatan sebesar 40 poin menunjukkan bahwa RME berbantuan Assembler Edu efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025