Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 8 No. 02 (2025): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (Article On Progress)

PENDIDIKAN KONSERVASI LINGKUNGAN: PARADIGMA INTEGRASI ISLAM DAN SAINS DI PESANTREN AL FATAH WONOGIRI

Mursidi, Mursidi (Unknown)
Mudofir, Mudofir (Unknown)
Fauzi, Muhammad Latif (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Artikel ini mengangkat bagaimana pendidikan konservasi lingkungan dilakukan oleh pesantren Al Fatah yang notabene terkenal hanya mendalami ilmu-ilmu agama saja. Pendidikan konservasi ini sangat dibutuhkan oleh para santri dalam membekali dirinya menjadi khalifatullah di muka bumi. Maka kurikulum yang harus dicanangkan oleh pesantren Al Fatah adalah kurikulum yang sifatnya integrasi sesuai dengan kebutuhan para santri yakni integrasi antara ilmu-ilmu agama Islam dengan ilmu saintifik yang mereka tidak mengetahui tentang keilmuan tersebut. Dengan menggunakan metode library research dengan cara menganalisis sumber-sumber yang ada baik dari buku, jurnal, media dan lain sebagainya, penelitian iniĀ  melihat pola kurikulum yang dikembangkan oleh Pondok Al Fatah. Kita melihat bahwa dengan kerangka pendidikan semacam demikian ditambah bekerjasama dengan pihak ketiga pesantren Al Fatah berhasil melakukan pendidikan konservasi lingkungan dengan pola-pola integrasi. Pendidikan ini diberikan kepada santrinya untuk melihat bagaimana fenomena zaman ini harus dihadapi dengan penuh keyakinan supaya mereka dengan stigma santrinya tidak ketinggalan dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang lainnya. Hal ini berhasil dilakukan oleh pesantren Al Fattah dengan melihat kasus yang ada program saintifik dilakukan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...