Postgraduate Management Journal
Vol. 5 No. 1 (2025): Postgraduate Management Journal

PERAN TQM DALAM PENINGKATAN MUTU LAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN (Kasus Perusahaan Nano Create Company di Jepang)

Hidayat, Rahmat (Unknown)
Nurhidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh untuk bisa bekerja di Jepang, TKI harus memenuhi standar kualifikasi tertentu. Di sinilah peran lembaga pendukung seperti Nano Create Company menjadi penting. Perusahaan ini berperan menyiapkan dan melatih tenaga kerja Indonesia agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Jepang. Dalam menjalankan perannya, Nano Create menerapkan Total Quality Management (TQM) guna memastikan mutu layanan dan kepuasan konsumen. Penelitian menunjukkan bahwa makna TQM bagi PT Nano Create Company terletak pada perbaikan berkelanjutan, pengembangan SDM berkualitas, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan mutu layanan. Dalam hal kepuasan konsumen, TQM diterapkan melalui evaluasi rutin, adaptasi sistem rekrutmen dan pelatihan, serta penanganan keluhan yang responsif. Strategi mempertahankan TQM dilakukan dengan pelatihan intensif, evaluasi berkala, dan transparansi kerja, yang terbukti mampu menjaga kualitas tenaga kerja dan memperkuat hubungan jangka panjang dengan klien.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PMJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Postgraduate Management Journal merupakan sebuah wadah untuk mempublikasikan jurnal berisikan artikel, gagasan, ide, konsep, teori maupun hasil penelitian dari berbagai bidang yang berkaitan dengan Ilmu Manajemen. Jurnal ini diberdayakan oleh Program Studi Magister Management Universitas Ibnu Sina ...