IJED
Vol. 4 No. 1 (2025): IJED: Islamic Journal of Education in proses

Integrasi Targhib-Tarhib dan Neurospiritual Education: Inovasi Pendidikan Karakter Islami Berbasis Afeksi-Transendental di Era Generasi Z

Nasrulloh, Rully (Unknown)
Syahida Nahdlotusilmi, Nida (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2025

Abstract

Artikel ini membahas integrasi antara metode targhib-tarhib dengan pendekatan neurospiritual education dalam pendidikan karakter Islami, khususnya di kalangan Generasi Z. Di tengah perkembangan teknologi dan perubahan nilai sosial, generasi ini menghadapi tantangan serius dalam membentuk karakter Islami yang kokoh dan berkelanjutan. Targhib (motivasi pahala) dan tarhib (peringatan hukuman) merupakan metode klasik Islam yang terbukti efektif dalam pembentukan moral, namun aplikasinya saat ini memerlukan pembaruan sesuai konteks psikologis dan neurologis peserta didik. Dengan pendekatan neurospiritual, metode ini tidak hanya menyentuh dimensi kognitif, tetapi juga mempengaruhi sistem limbik, hormonal, dan pusat afeksi spiritual (seperti rasa takut, harap, dan cinta kepada Allah). Studi literatur dan analisis tematik terhadap beberapa jurnal dan hasil eksperimen pendidikan menunjukkan bahwa integrasi ini dapat meningkatkan efektivitas pembinaan karakter Islami yang lebih mendalam, menyentuh sisi afeksi-transendental peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan kurikulum karakter Islami berbasis neurospiritual yang adaptif terhadap kebutuhan dan tantangan Generasi Z.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijed

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and ...