Pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan pengelolaan waktu anggota pengajian Majelis Ta'lîm Khairunnisa serta faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan waktu mereka, serta untuk merancang strategi pengembangan keterampilan pengelolaan waktu guna meningkatkan produktivitas. Metode yang digunakan  adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu pengajian Majelis Ta'lîm Khairunnisa memiliki keterampilan pengelolaan waktu yang bervariasi, dengan sebagian besar masih menghadapi kesulitan dalam membagi waktu antara kewajiban rumah tangga, kegiatan pengajian, dan peran sosial lainnya. Faktor internal seperti motivasi dan pengetahuan tentang manajemen waktu serta faktor eksternal seperti dukungan keluarga dan lingkungan sosial berperan penting dalam mempengaruhi pengelolaan waktu mereka. Program pelatihan yang diterapkan berhasil meningkatkan pemahaman ibu-ibu mengenai teknik pengelolaan waktu yang efektif, seperti penggunaan to-do list dan matriks prioritas. Meskipun demikian, tantangan utama yang dihadapi adalah konsistensi dalam penerapan teknik tersebut karena gangguan eksternal
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025