Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 8 No. 2 (2025): Volume 8 No. 2 Tahun 2025

IMPLEMENTASI METODE NATURE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA RK MAKMUR (BUDI MURNI 4) MEDAN

Silalahi, Artha Uli Br (Unknown)
Adisaputera, Abdurahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode nature learning dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP RK Makmur (Budi Murni 4) Medan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-3. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode nature learning melalui kegiatan di alam terbuka mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam menemukan ide, memilih diksi, dan menyusun puisi, menunjukkan peningkatan kreativitas, keberanian mengekspresikan perasaan, serta kemampuan menggunakan bahasa yang puitis setelah mengikuti proses pembelajaran. Kendala awal seperti kurangnya imajinasi dan rasa tidak percaya diri secara bertahap dapat diatasi melalui pendampingan guru dan pengalaman langsung di lapangan. Pembelajaran menjadi lebih bermakna karena menggabungkan pengalaman nyata dengan ekspresi sastra. Dengan demikian, metode *nature learning* efektif membangun sikap positif, ekspresif, dan kreatif siswa dalam menulis puisi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...