Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode nature learning dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP RK Makmur (Budi Murni 4) Medan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-3. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode nature learning melalui kegiatan di alam terbuka mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa. Siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan dalam menemukan ide, memilih diksi, dan menyusun puisi, menunjukkan peningkatan kreativitas, keberanian mengekspresikan perasaan, serta kemampuan menggunakan bahasa yang puitis setelah mengikuti proses pembelajaran. Kendala awal seperti kurangnya imajinasi dan rasa tidak percaya diri secara bertahap dapat diatasi melalui pendampingan guru dan pengalaman langsung di lapangan. Pembelajaran menjadi lebih bermakna karena menggabungkan pengalaman nyata dengan ekspresi sastra. Dengan demikian, metode *nature learning* efektif membangun sikap positif, ekspresif, dan kreatif siswa dalam menulis puisi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025