eProceedings of Engineering
Vol. 11 No. 6 (2024): Desember 2024

Analisis Sentimen Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier Pada Ulasan Aplikasi PLN Mobile di Google Play Store

Pramuji, Mochammad Chandra (Unknown)
Purnamasari, Rita (Unknown)
Eliskar, Yulinda (Unknown)
Thaha, Abdurrahman Rahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pengolahan big data dari ulasan aplikasi PLN Mobile menggunakan analisis sentimen berbasis algoritma Naive Bayes. Data ulasan diperoleh melalui web scraping dari Google Play Store dan diberi label berdasarkan sentimen positif dan negatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes mampu mencapai akurasi 93%, precision 80%, recall 88%, dan f1-score 83%. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode Machine Learning dan kecerdasan buatan dapat membantu PLN mengolah big data ulasan pelanggan dengan lebih efisien dan akurat. Dengan demikian, PLN dapat merespons umpan balik pengguna dengan lebih baik dan meningkatkan layanan berdasarkan analisis yang dihasilkan dari model yang digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...