Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP)
Vol 14, No 2 (2025): AGUSTUS 2025

MANAJEMEN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SEKOLAH PENGGERAK

Robingah, Robingah (Unknown)
Murniati, Ngurah Ayu Nyoman (Unknown)
Prayito, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian adalah: 1) mengetahui proses perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada sekolah penggerak, 2) mengetahui proses pengorganisasian proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada sekolah penggerak, 3) mengetahui proses pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada sekolah penggerak, 4) mengetahui proses pengawasan  proyek penguatan profil pelajar Pancasila pada sekolah penggerak di SD Kanisius Sanjaya Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan penelitian qualitative research dengan pendekatan deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SD Kanisius Sanjaya Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal telah dilaksanakan dengan baik. Perencanaan meliputi: 1) menyusun visi, misi, dan tujuan sekolah; 2) menyusun RKJM, RKT, dan RKAS berbasis data, 3) menyusun Kurikulum Satuan Pendidikan, 4) menyiapkan sumber daya, 5) menentukan dimensi, tema, topik, dan alokasi waktu proyek penguatan profil pelajar Pancasila, 6) menyusun modul ajar proyek penguatan profil pelajar Pancasila 7) merencanakan pendampingan, evaluasi, dan tindak lanjut. Pengorganisasian meliputi: 1) membentuk kepengurusan/tim fasilitator proyek penguatan profil pelajar Pancasila, 2) mendelegasikan  tugas dan wewenang sesuai dengan kompetensi, 3) menjalin kerja sama dengan pihak lain. Pelaksanaan meliputi: 1) menggerakkan dan melaksanakan program sesuai rencana, 2) mengarahkan dan memotivasi dalam pelaksanaan tugas, dan 3) mengkoordinasikan kegiatan. Pengawasan meliputi: 1) monitoring berkelanjutan, 2) memberikan penilaian capaian program, 3) mengambil tindakan korektif. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

urnal Manajemen Pendidikan (JMP). Published 3 times a year in April, August and December contains scientific papers on research and education management theory studies Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP) published by Prodi Management Education PPs University PGRI Semarang. The editor receives ...